Selasa, 10 April 2012

Profil Ar-Royyan

Ar Royyan Itu Apa Sich...??????
            Bagi sebahagian orang, kata Ar Royyan itu sudah sangat tidak asing lagi. Bahkan membawa kesejukan bagi siapa saja yang mendengarnya, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Sudah pada tahu dong tentunya. Yup, benar banget... Ar Royyan adalah  salah satu nama pintu syurga yang dikhususkan bagi hamba-hamba Allah yang berpuasa. Subhanallah...semoga kita adalah salah satu orang beruntung yang bisa memasukinya, Amin ya Rabb.. J

Ternyata, Ar Royyan itu tidak hanya ada di Syurga lho.. di Universitas Kebanggaan orang Melayu ini juga ada yang namanya Ar Royyan (lho...kok bisa ya?!) ya bisa dunk..! Mau Tahu??? Lets.. ceck it out!!!
Ar Royyan yang ada di kampus kita ini merupakan salah satu Lembaga Mahasiswa yang menaungi seluruh kegiatan mahasiswa UR, khususnya mahasiswa Muslim. Ar Royyan adalah salah satu wadah bagi mahasiswa Muslim UR untuk mengembangkan minat, bakat dan kreativitasnya yang mungkin saja hal itu tidak selalu bisa kita dapatkan di kelas-kelas perkuliahan.
Bagi kamu yang punya bakat menulis ataupun di bidang jurnalistik, ada B-Ar (bulletin Ar Royyan) tempat mengembangkan kreatifitasmu. Atau kamu yang bermasalah dengan akademis, don’t worry, ada bidang AKPRO yang akan membantu mengatasi masalahmu. Disamping bergerak dalam bidang akademis, akpro juga tempat menaungi orang-orang yang memiliki jiwa bisnis karena singkatan dari AKPRO itu sendiri adalah Akademis dan Profesi J.
 Yang hobbi cuap-cuap dan sangat berminat dengan permasalahan sosial, juga ada di sini. Bidang Humas sangat cocok dengan mereka. Oh ya, sedikit bocoran neh, inilah bidang yang suka sekali jalan-jalan dan menyambung Silaturrahmi. Mereka pernah mengadakan kunjungan ke Riau Pos, ke lembaga-lembaga Mahasiswa, dan Instansi-Instansi lainnya. Hmm.. jadi ingat firman Allah di dalam Al Qur’an, bahawa Allah sangat mencintai orang-orang yang menyambung tali silaturrahmi. Hayo.. siapa yang ingin dicintai Allah????
Oh ya, ada satu lagi neh. Hampir lupa J yang suka olahraga tidak kalah ketinggalan juga disini. Ada BMS (Brigadir Merah Saga), yang katanya, sering mengadakan kegiatan seperti Sepakbola, Hiking, renang, basket dan berbagai kegiatan lain. Bahkan katanya pernah juga mengadakan latihan menyetir mobil unuk para anggota Ar Royyan. Wah, seru juga ya...
Ternyata Ar Royyan itu komlpit...plit...plit... (eits.. bukan pelit lho!)

Trus... gimana  sejarah awal berdirinya Ar Royyan???
Pada awal berdirinya, UKMI Ar Royyan hanya berupa perkumpulan beberapa remaja mesjid Akramunas (Gobah) yang bernama ALKARIMA dengan ketuanya yang pertama adalah Hasyim Aliwa(1989-1991). Beliau adalah mahasiswa FKIP UNRI. Berbagai kegiatan yang diadakan ALKARIMA pada saat itu disambut baik oleh universitas. Hingga ALKARIMA yang pada awalnya hanya bersifat ekstrakurikuler, berubah status menjadi Lembaga Kegiatan Mahasiswa Islam ALKARIMA yang mendapat legalitas dari Universitas. Pada masa M. Nasrum MD (1995-1996), berdasarkan hasil kongres mahasiswa pada waktu itu, maka LDK ALKARIMA berubah nama lagi menjadi UKM ROHIS (Rohani Islam). Seiring berjalannya waktu, akhirnya pada tahun 1998, UKM ROHIS berubah nama menjadi UKMI Ar Royyan, berdasarkan SK Rektor..
Hmmm... ternyata UKMI Ar Royyan itu termasuk Lembaga Mahasiswa yang sudah cukup tua ya... lebih tua dari pada adik-adik sekalian.. (hayoo ngaku ngga’....???)

Pada penasaran kan... siapa aja sich yang pernah menjabat sebagai ketuan Ar Royyan??? Yuk, kita intip.. ^_*
Budi Trianto (1999-2000), menjabat sebagai ketua pertama, setelah pergantian nama menjadi UKMI Ar Royyan. Beliau tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi.
Sejak tahun 2002 hingga sekarang UKMI Ar Royyan telah mengalami beberapa kali pergantian pengurus, diantranya adalah:
v  2002-2003 Dodi Armawan (Faperika)
v  2003-2004 Sukaini (Faperta)
v  2004-2005 Ridho Noparizal (Fisipol)
v  2005-2006  Andree (Fisipol)
v  2006-2007 Merio (Faperika)
v  2007-2008 Agung Wibowo (Faperta)
v  2008-2009 Dede Apriansyah (Fkip)
v  2009-2011 Sadam (FMIPA)
v  2011-2012 Ferry Fadly (FAPERTA)
v  2011-2012 Jilid II Andi Subowo (FAPERTA)
Nah, sekarang jabatan Ketua Umum dijabat oleh Andi Subowo (FAPERTA) yang sudah berjalan beberapa bulan.

Share this article now on :

+ komentar + 1 comment

14 Desember 2012 pukul 17.08

Sangat informatif, Saya menjadi tercerahkan Terima Kasih

Terimakasih Arroyyan Dwi Saputra atas Komentarnya di Profil Ar-Royyan

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))